Selasa, 20 Agustus 2013

Cara lolos SNMPTN (Jalur Undangan)

Kali ini saya akan menjelaskan trik dan tips lolos SNMPTN yang pasti akan berguna bagi kalian yang ingin masuk di PTN (Perguruan Tinggi Negeri).  Oke, tanpa basa-basi lagi saya akan menjelaskannya dari point ke point.


  •  Minat

Minat (katanya) hal yang paling pokok dalam memilih suatu jurusan maupun universitas. Kalau dari awal sudah tidak ada minat untuk masuk suatu jurusan maupun universitas, bakalan susah banget untuk menuju ke langkah selanjutnya. Tentunya juga bakalan kesusahan kalau seumpama benar-benar diterima di jurusan yang tidak kalian minati, nantinya akan sulit untuk menerima mata kuliah tersebut.
  •  Fokus

Setelah kalian punya minat, kita harus fokus dengan suatu tujuan yang kalian tuju (dalam hal ini yang dimaksud adalah jurusan dan universitasnya). Kalian harus benar-benar konsisten dengan cita-cita kalian.
3.       Usaha... Usaha...dan Usaha !
Seperti yang dikatakan oleh banyak orang, tak ada impian yang tercapai tanpa adanya pengorbanan. Kalian harus mulai giat belajar mulai dari kelas 10, bukan dari kelas 12. Kalau kalian baru belajar giat pada saat kelas 12, kalian sudah terlambat untuk menggapai cita-cita kalian itu. Ingat ! SNMPTN tahun lalu menggunakan nilai dari semester 1 – semester 5
  • .       Berusaha menjuarai lomba

Untuk menambah point dalam SNMPTN, kalian bisa memenangkan perlombaan-perlombaan minimal tingkat kabupaten
  • .       Melihat saingan satu sekolah

Menurut pengalaman saya, sangat penting untuk mengetahui siapa saja saingan kita dalam satu sekolah. Kenapa ? kalau seumpama dalam lingkup satu sekolah saja kita udah kalah, apalagi satu Indonesia ? . Minimal kamu di urutan ke 2-3 terbaik dari semua saingan kamu di sekolah. Kalau seumpama kamu tidak dalam urutan yang saya sebutkan, jangan pesimis. Kalian bisa memilih Universitas yang lain tapi jurusan dan kualitasnya tetap sama. Contohnya, Polo yang sudah sekian lama berusaha untuk mencapai cita-citanya sekolah Teknik Kimia UGM merasa pesimis karena ternyata peringkatnya rendah diantara lainnya. Guru Bknya menyarankan agar dia lebih baik memilih jurusan Teknik Kimia ITS karena di sekolahnya kalau dia memilih jurusan tersebut dia memiliki peluang yang lebih besar.
  • .       Cari Universitas yang banyak alumni SMA kalian yang berada disana

Entah benar atau tidak, hal tersebut memang cukup penting dalam memilih sebuah universitas. Karena ternyata prestasi di alumni kalian di Universitas juga berpengaruh pada adik-adik kelasnya. Jadi usahakan cari Universitas yang banyak kakak-kakak alumni kalian yang disana.
  • .    Optimis dan berjaga-jaga

Kalian harus selalu optimis dengan pilihan anda, kalian harus terus berfikir bahwa kalian akan diterima di Universitas dan jurusan tersebut. Namun juga harus berjaga-jaga dengan cara latihan soal SBMPTN karena segala kemungkinan itu ada, bukan berarti saya mendoakan yang jelek-jelek namun ada baiknya untuk terus belajar sembari menanti pengumuman SNMPTN
  • .       Mengetahui tingkat keketatan persaingan

Di link ini anda dapat melihat jurusan-jurusan terketat  persaingannya di berbagai universitas.

  • .       Terus menerus berdoa

Hal ini adalah hal yang paling penting, karena Tuhan akan selalu mendengarkan doa-doa kita. Apalagi kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita tersebut. Maka berdoalah sesering mungkin ! karena doa dapat mengubah segalanya.


Yup, sekian dulu postingan dari saya. Semoga dapat membantu kalian sukses dalam SNMPTN. Saya doakan semoga yang membaca postingan blog saya sukses deh ! Amin.

2 komentar:

sip banget deh, yang terkahir nya terus semangat ya

terima kasih atas informasinya.. sangat memotivasi sekali..

Posting Komentar

jangan
lupa beri coment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More